Pages - Menu

Blogger news

Saturday, April 27, 2013

Manfaat Adas Pulosari

Obat Tradisional | Obat Alam | Obat Non Kimia | Obat Kebun Sendiri | Obat Apotik Hidup
Ragam Manfaat Dan Khasiat Adas Pulosari.  Manfaat Adas Pulosari

Adas pulosari adalah tanaman asli Indonesia yang memiliki banyak kegunaan bagi kesehatan. Tapi, adas pulosari  atau adas pulowaras juga tumbuh di negara lain seperti Thailand dan Malaysia. Dalam bahasa latin, adas dikenal dengan nama Pimpinella Anisum. Secara kimiawi, adas memiliki kandungan minyak asiri sampai 6%, minyak lemak 12%, Anetol 60% serta kandungan-kandungan lain seperti asam anisat, limonen dan pinen sebanyak 20%. Dewasa ini, adas pulosari sudah banyak di budidayakan karena kegunaan dan khasiat nya. Sebab, selain menjadi tanaman obat, adas juga sering digunakan sebagai bumbu untuk menyedapkan masakan. Untuk mengetahui apa saja kegunaan dan khasiat adas pulosari, silahkan baca uraiannya berikut ini.

Sebelum lanjut pada ragam khasiat adas pulosari, perlu diketahui bahwa buah adas yang telah masak biasanya memiliki aroma yang cukup khas, berasa agak pedas dan memiliki rasa sedikit manis. Dan secara garis besar, kegunaan adas pulosari adalah untuk melancarkan peredaran darah, menghilangkan nyeri, meningkatkan nafsu makan serta menghancurkan batu ginjal. Tapi, untuk detailnya silahkan lihat khasiat ada pulosari dibawah ini:

Khasiat adas pulosari untuk kesehatan:

1. Sebagai obat sariawan tradisional.
2. Sebagai obat alami untuk mengatasi batuk.
3. Sebagai obat tradisional untuk menyembuhkan perut kembung.
4. Mengatasi gangguan sesak nafas.
5. Membantu mengatasi kondisi haid yang tidak teratur.
6. Mengatasi gangguan batu empedu.
7. Mengatasi keracunan akan makanan yang berasal dari tanaman atau jamur.

Khusus untuk pengobatan sariawan, cara penggunaan adas pulowaras adalah sbb:
Ambil 6-9 buah adas, setelah itu tumbuk sampai halus. Seduh tumbukan tadi menggunakan air mendidih. Tunggu sampai hangat baru diminum. Sementara untuk pengobatan luar, gunakan tumbukan tadi untuk mengolesi bagian mulut yang terkena sariawan.

Sebenarnya, dari sekian kegunaan dan khasiat adas pulosari yang sudah disebutkan diatas, masih ada beragam kegunaan lain yang sangat berguna dalam dunia kesehatan. Tapi, karena keterbatasan waktu, kami tidak bisa menyampaikan semuanya pada kesempatan kali ini. Mungkin pada lain waktu, kami akan mengupdate postingan ini supaya lebih lengkap.

Sekian dulu ulasan tentang khasiat adas pulosari, semoga berguna bagi pengunjung semua.  Wassalam.

No comments: