Pages - Menu

Blogger news

Sunday, March 4, 2012

Seputar tentang Mentimun

Obat Tradisional | Obat Alam | Obat Non Kimia | Obat Kebun Sendiri | Obat Apotik Hidup

SEPUTAR MENTIMUN
a. Pilih mentimun yang tidak lembek, berwarna hijau cerah hingga hijau gelap. Jangan pilih mentimun berwarna kuning, lembek, kulitnya keriput, dan terdapat lapisan lilin. Sebaiknya pilih mentimun organik.
b. Agar mentimun tidak pahit setelah dikupas, potong kedua bagian ujung ketimun, kemudian gosok memutar hingga keluar etah berwarna putih, lalu cuci dengan air mengalir
c. Mentimun sangat sensitif terhadap panas, jangan menyimpan mentimun pada suhu kamar atau terkena paparan sinar matahari langsung karena akan membuat mentimun layu. Simpan dalam kulkas agar awet selama seminggu. Namun jika ingin mendapatkan kualitas rasa dan kesegaran maksimal, konsumsi mentimun minimal1-2 hari setelah dibeli
d. Bila terdapat sisa mentimun yang sudah terlanjur dikupas dan dipotong, kemas dalam plastik pembungkus. Kemudian simpan dalam wadah kedap agar mentimun tetap segar dan tidak mengalami kekeringan (kehilangan air) jika disimpan dalam kulkas akan awet selama satu hari.


MANFAAT KULIT dan BIJI MENTIMUN
Kulit dan biji mentimun sebaiknya tidak dibuang karena berkhasiat.
Kulit ketimun kaya akan serat, vit A, mineral Silika, Kalium dan Magnesium.Mineral Silika berperan memelihara kesehatan jaringan penghubung (otot, sendi, dan tulang). Juga mengandung asam folat yang bermanfaat mencegah kerusakan otak pada bayi saat dilahirkan. Karena itu mengkonsumsi ketimun berikut kulitnya sangat baik untuk wanita hamil.Tapi hati-hati dengan mentimun yang dilapisi lilin. Sebaiknya dicuci di bawah air mengalir untuk menghilangkan lilinnya. Jika anda ingin menyantap ketimun tanpa mengelupas kulitnya, sebaiknya pilih yang organik.
Berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan khasiat ketimun selain untuk memertahankan kesegaran dan kecantikan wajah:
 
1. Berguna untuk melancarkan buang air besar, menurunkan kolesterol, dan menetralkan racun.
2. Dengan kandungan kaliumnya yang tinggi, memiliki khasiat meringankan penyakit hipertensi, terutama akibat hipersensitivitas terhadap natrium seperti garam dapur, petsin atau soda kue.
3. Memberikan rasa sejuk dalam mulut untuk mengurangi sakit pada tenggorokan atau luka sariawan.
5. Memerlancar buang air kecil sehingga dapat mengurangi beban kerja jantung dan menurunkan tekanan darah.
6. Dapat dipakai untuk mengobati gigitan serangga, gatal-gatal karena tumbuhan dan ‘memadamkan’ kulit yang terbakar matahari. Bagian tubuh yang tersiram air panas-pun jika dibalut dengan parutan daging ketimun, akan dengan cepat terobati.
7. Obat Demam. Ambil ketimun dua-tiga biji. Parut dan peras airnya. Tempelkan parutan buah pada bagian perut. Lakukan hingga demam mereda.
8. Mengobati penyakit cacingan. Karena biji ketimun diketahui mengandung racun alkaloid jenis hipoxanti yang mampu memusnahkan cacing dalam tubuh kita.
9. Biji ketimun juga diyakini mampu meredakan radang tenggorokan, akibat batuk yang diikuti dengan suara yang hilang. Caranya, cukup dengan mencampurkan biji ketimun dengan sedikit garam dan dikumur selama beberapa kali sehari.
10. Ketimun yang di makan mentah atau sudah di masak, juga kerap dijadikan obat alami penyembut sakit kepala terus menerus yang menyebabkan penurunan berat badan. Begitu pula dengan penyakit disentri, dapat sembuh dengan mengonsumsi buah ini.
11. Mata yang sering lelah dan mengantuk. Tempelkan irisan ketimun sebesar mata setiap tiga menit selama 20 menit pada kelopak untuk mengatasi mata yang sering lelah dan mengantuk.
12. Jus ketimun juga dapat merawat kulit dari kudis. Tak heran juga kalau ketimun dijadikan sebagai masker muka, sebab selain melembabkan, ketimun membantu kulit menjadi halus dan mulus.
13. Mengobati sariawan. Makanlah ketimun sembilan buah sehari, lakukan secara rutin


Kata Kunci/ keyword Terkait dengan artikel ini  :
obat tradisional,obattradisional,darah tinggi,pelangsing,obatkuat,kanker rahim,jamu tradisional,penyakit kanker,penyakit diabetes,ramuan jamu tradisional,gejala penyakit jantung,penyembuhan kanker,jamu kuat,penyakit gula,tanaman tradisional,terapi diabetes,penyakit diabetes melitus,penyembuhan jantung,mengobati diabetes,mengatasi diabetes,penyembuhan stroke,cara mengatasi diabetes,cara mengobati diabetes,penyembuhan diabetes,dr boyke dian nugraha,jamu kuat pria,jamu kuat lelaki,jamu kuat tradisional,cara mengobati penyakit diabetes,jamu diabetes,cara penyembuhan diabetes,keladi tikus kapsul,jamu tradisional kuat lelaki,0bat kuat,penyakit diabetes dan pengobatannya



No comments: