Pages - Menu

Blogger news

Monday, May 21, 2012

Jahe Untuk Tubuh Kita

Obat Tradisional | Obat Alam | Obat Non Kimia | Obat Kebun Sendiri | Obat Apotik Hidup

Jahe mengandung minyak terbang (minyak atsiri) dan gingerol. Kedua bahan inilah yang secara tak langsung berkhasiat memblokir refleks muntah. Minyak terbang berefek menyegarkan, sedang gingerol dapat melancarkan peredaran darah hingga syaraf-syaraf bekerja dengan baik. Dengan begitu, ketegangan bisa dicairkan dan kepala jadi segar, hingga mual muntah pun bisa ditekan.

Namun ingat, jahe hanya menekan mual muntah tapi tak menghilangkannya. Sebab, morning sickness atau mual muntah diwaktu pagi merupakan akibat perubahan hormonal, jadi akan selalu timbul sepanjang trimester awal kehamilan. Ibaratnya, jahe hanya pengalihan dari rasa mual muntah yang timbul. Baunya yang menyengat dapat merangsang saraf hingga menyegarkan. Itu sebab perasaaan mual muntah bisa ditekan, tapi tidak menghilangkan rasa mual muntah itu sendiri karena rasa mual muntah diakibatkan hormonal.

Selain itu, mual muntah juga ada yang subjektif, yakni berasal dari masalah psikis si ibu. Misal, kehamilan yang tak diinginkan, keharmonisan yang belum tercapai, hingga morning sickness dirasakannya sebagai beban yang berat. Pengaruh psikis inilah  yang kadang membuat mual muntah jadi berlebihan. Tentu mengatasinya harus dengan konsultasi psikologis. Lain hal bila mual muntahnya objektif (disebabkan hormonal), bisa diatasi dengan obat mual.

Hal lain yang harus diperhatikan, dalam memilih jahe harus yang segar, bukan sebuk olahan. Kemudian mengonsumsinya tak boleh berlebihan, jika mual muntahnya diwaktu pagi dan sore, maka pagi-pagi sebelum mual muntah itu terjadi segera minum jahe. Tapi tidak setiap terus menerus setiap muntah lalu meneguk jahe karena berlebihan.

Tak perlu buru-buru ke dokter untuk mengatasi berbagai keluhan ringan tersebut. Semua bisa diatasi dengan natural. Yang kita perlukan hanyalah "modal" berupa tempat penyimpanan ramuan tradisional. Baik kulkas, laci, atau lemari kecil. Selanjutnya, silakan isi dengan berbagai bahan alami rekomendasi para ahli berikut.

Mengatasi mual
Mual bisa datang kapan saja. Entah kala bepergian dengan kendaraan, atau saat kadar asam lambung naik. Gunakan jahe untuk mengatasinya, saran dr Mochtar Wijayakusuma. Jahe mengandung zingiberol yang dapat meredakan mual dan mencegah muntah.

Siapkan 5-10 gram jahe segar dan bersih. Iris-iris, lalu rebus dengan 200 cc air hingga mendidih. Dinginkan sejenak, lalu minum. Kalau ingin efek yang lebih lama, tiriskan jahe yang sudah direbus, kemudian airnya dimasukkan ke dalam tempat membuat batu es. Bekukan di dalam freezer. Setelah menjadi batu es, makanlah dengan cara diisap-isap. Ramuan ini juga efektif untuk menghilangkan mual semasa hamil.

Menyembuhkan cegukan
Cegukan tidak hanya diakibatkan karena kita tersedak makanan, tetapi juga bisa oleh stres. Ketika stres, hormon kortisol masuk ke dalam darah, menyebabkan diafragma menjadi tegang dan otot di sekitar pita suara berkontraksi. Akibatnya, kita jadi cegukan.

Cara termudah untuk meredakannya adalah dengan menelan 1-2 sendok teh gula pasir. Butiran gula pasir mampu merelakskan saraf yang tegang. Sebagai pengganti gula, kita juga bisa menggunakan garam. Tetapi gula merupakan pilihan yang lebih baik karena rasanya manis.

Meredakan sakit tenggorokan

Sakit tenggorokan kerap membuat kita sulit bicara dan menelan makanan. Sembuhkan dengan bawang putih. Caranya, berkumurlah dengan segelas air hangat yang sudah dicampur dengan 6 siung bawang putih yang sudah dihancurkan. Lakukan selama 3 hari.

Menghilangkan bau kaki
Kaki yang lembap karena keringat adalah lahan subur tempat tumbuhnya bakteri. Bakteri itu dapat menyebabkan kaki kita berbau tak sedap. Untuk menghilangkannya, rendamlah kaki di dalam satu bagian cuka yang dicampur dengan dua bagian air. Sifat asam yang terdapat di dalam cuka akan mampu membunuh bakteri pengganggu.

Alternatif lain: Rendam kaki di dalam air yang sudah dicampur dengan teh hitam. Lakukan selama 30 menit setiap hari. Kandungan tanin di dalam teh mampu melenyapkan bakteri dan mengecilkan pori-pori di kaki, sehingga kaki kita tetap kering sepanjang hari. Dalam waktu beberapa hari, atau paling lama satu minggu, kita sudah akan merasakan hasil ramuan ini. Namun, ramuan tradisional ini tidak boleh digunakan ketika kaki kita sedang terluka.

Menghilangkan bau mulut
Bau mulut dapat mengganggu pergaulan dan merusak kepercayaan diri. Untuk mengatasinya, berkumurlah dengan secangkir kecil perasan lemon. Setelah itu, makanlah yogurt tawar yang mengandung bakteri lactobacillus. Selain menghilangkan bau mulut, bakteri jenis ini juga memiliki manfaat tambahan, yaitu dapat memelihara kesehatan saluran pencernaan dan mencegah sembelit. Kombinasi lemon dan yogurt sangat efektif untuk menetralisasi bau mulut dalam waktu yang relatif cepat. Bahkan, manfaatnya dapat bertahan hingga 12-24 jam setelah pemakaian.

Mengurangi gas di perut
Kelebihan gas di dalam perut dapat menyebabkan nyeri dan mual. Makanlah permen peppermint. Menurut Ronald Hoffman, MD, peppermint dapat membunuh bakteri penghasil gas di lambung, sekaligus merelakskan otot-otot organ pencernaan. Hasilnya, kadar gas berkurang dan kelebihan gas jadi lebih mudah dikeluarkan.

Menghentikan dengkur
Bola tenis ternyata bukan cuma sarana berolahraga. Benda bulat ini juga bisa dimanfaatkan untuk menghentikan dengkuran. Demikian dikatakan oleh Jacob Teitelbaum, MD, direktur medik Fibromyalgia and Fatigue Center, Amerika Serikat, sekaligus penulis buku Fatigue to Fantastic!. Salah satu penyebab kita mendengkur adalah posisi tidur telentang. Posisi ini membuat saluran napas menyempit. Untuk menghindarinya, buatlah kantung di belakang piyama tidur, lalu masukkan bola tenis ke dalamnya. Keberadaan bola tenis di punggung akan membuat kita tidur menyamping, tanpa membuat kita terbangun.


Kata Kunci/ keyword Terkait dengan artikel ini  :
obat tradisional,obattradisional,darah tinggi,pelangsing,obatkuat,kanker rahim,jamu tradisional,penyakit kanker,penyakit diabetes,ramuan jamu tradisional,gejala penyakit jantung,penyembuhan kanker,jamu kuat,penyakit gula,tanaman tradisional,terapi diabetes,penyakit diabetes melitus,penyembuhan jantung,mengobati diabetes,mengatasi diabetes,penyembuhan stroke,cara mengatasi diabetes,cara mengobati diabetes,penyembuhan diabetes,dr boyke dian nugraha,jamu kuat pria,jamu kuat lelaki,jamu kuat tradisional,cara mengobati penyakit diabetes,jamu diabetes,cara penyembuhan diabetes,keladi tikus kapsul,jamu tradisional kuat lelaki,0bat kuat,penyakit diabetes dan pengobatannya,Manfaat bunga Hibiscus ,jenis cacing, arti cacingan, Mencegah cacingan, Buah Ceremai Dengan Segala Khasiatnya,Jahe Untuk Tubuh Kita

No comments: