Pages - Menu

Blogger news

Thursday, October 4, 2012

Manfaat Buah Belimbing untuk Kesehatan

Obat Tradisional | Obat Alam | Obat Non Kimia | Obat Kebun Sendiri | Obat Apotik Hidup

Manfaat dan kegunaan Buah Belimbing bagi Kesehatan :: Belimbing merupakan salah satu tanaman  yang cukup terkenal. Banyaknya Manfaat dan kegunaan yang dimiliki oleh tanaman ini terutama bagian buahnya, menjadikan buah belimbing ini banyak dikonsumsi oleh sebagian masyarakat dunia.
Tanaman Belimbing banyak ditemukan di daerah-daerah yang beriklim tropis. Pohon belimbing tersebar mulai dari daerah Malaysia, Indonesia, India, dan Srilangka. Pohon ini juga bisa tumbuh di daerah subtropis, seperti di wilayah amerika serikat tepatnya di wilayah florida selatan dan Hawaii dimana pohon belimbing sudah diusahakan secara komersil.

Di Indonesia, Daerah yang terkenal sebagai penghasil buah belimbing adalah wilayah demak – Jawa tengah. Buah belimbing yang dihasilkan dari daerah ini terkenal karena memiliki ukuran buah yang besar, warna yang menarik ( kuning cerah ) dan tentunya memiliki rasa buah yang manis.

Manfaat dan kegunaan buah belimbing sebagai obat
Dibeberapa Negara, sari dari buah ini dimanfaatkan untuk dijadikan wine buah, selain itu di Negara Myanmar, belimbing digunakan untuk membuat acar teh.

Untuk Kesehatan, Buah belimbing ternyata memiliki beberapa Manfaat dan kegunaan yang baik untuk tubuh antara lain dapat digunakan untuk mengatasi batuk yang menyerang anak-anak, Kandungan vitamin C yang banyak terkandung dalam buah bermanfaat sebagai antiinflasi, analgesic, dan diuretic, sehingga bagus untuk mengobati penyakit batuk, sariawan, dan sakit pada tenggorokan, Manfaat dan kegunaan buah belimbing lainnya yaitu untuk mengobati demam hingga kencing manis. Buah ini juga baik untuk dikonsumsi oleh penderita penyakit kanker.

Kandungan serat yang terkandung dalam buah, bermanfaat untuk melancarkan proses pencernaan dalam tubuh. Pektin yang terdapat dalam buah juga bisa membantu menghancurkan kolesterol sehingga baik dikonsumsi oleh orang-orang yang sedang menjalankan program diet.

Selain bagian buah yang memiliki banyak Manfaat dan kegunaan, Bagian lain dari pohon belimbing seperti daun dan akar belimbing juga bisa kita manfaatkan sebagai obat. Daun belimbing memiliki Manfaat dan kegunaan  sebagai obat sakit maag, mengobati susah buang air kecil, dan juga mengobati penyakit bisul. Sedangkan akar belimbing bisa digunakan untuk menyembuhkan rematik.

Dibalik Manfaat dan kegunaan yang tersimpan dalam buah belimbing, ternyata buah ini memiliki efek yang kurang baik bila dikonsumsi oleh orang yang memiliki masalah pada ginjalnya, Karena buah belimbing mengandung asam oxalat. Selain itu, karena kandungan gula yang terdapat dalam buah belimbing cukup tinggi, disarankan para penderita diabetes untuk tidak menkonsumsi buah ini

No comments: