Pages - Menu

Blogger news

Tuesday, May 9, 2017

Kegunaan Daun Pandan Untuk Tubuh di Apotik Hidup part 1

Obat Tradisional | Obat Alam | Obat Non Kimia | Obat Kebun Sendiri | Obat Apotik Hidup

Daun pandan berasal dari tanaman pandan wangi, anggota genus screwpine asli Asia Tenggara. Tanaman ini secara abadi memiliki cluster semak yang berbentuk kipas panjang, dengan daun yang sempit dan menghasilkan bau yang kuat saat layu. Daun pandan segar hanya memiliki aroma sedikit. Manfaat daun pandan ini secara historis telah banyak digunakan dalam dunia memasak, bahkan dalam keperluan rumah tangga. Pohon pandan juga memungkinkan untuk tumbuh dalam pot, untuk menghiasi pekarangan.

selain untuk menambah aroma masakan, ada banyak manfaat daun pandan untuk kesehatan. Daun dengan nama Latin Pandanus amaryllifolius Roxb. ini ternyata bisa mengatasi berbagai masalah kesehatan, seperti tekanan darah tinggi, rematik, demam, pegal linu dan lain sebagainya.

Manfaat daun pandan yang sebaiknya kita ketahui:

1. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi
Manfaat daun pandan yang pertama adalah dapat menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi. caranya pun sangat mudah sekali, ambil beberapa lembar daun pandan wangi kemudian direbus dengan tiga gelas air hingga tersisa 2 gelas. Saring airnya, lalu minum ramuan tersebut dua kali sehari pagi dan sore.

2. Mengatasi Rematik
Manfaat daun pandan yang kedua adalah untuk mengatasi rematik yang kita derita. cara mengatasi remarik dengan daun pandan sangat mudah, yaitu ambil 3 lembar daun pandan segar, cuci bersih kemudian potong-potong menjadi beberapa bagian. Seduh dengan setengah cangkir minyak kelapa yang sudah dididihkan sambil diaduk-aduk hingga merata. Setelah dingin, gunakan sebagai obat gosok untuk mengurut daerah yang sakit.

3. Mengatasi Pegal Linu
Daun pandan juga bisa anda manfaatkan untuk mengatasi pegel linu. caranya yaitu sediakan 5 lembar daun pandan segar dan 20 lembar daun serai. Cuci bersih kemudian ditumbuk hingga halus. Tambahkan 1 sendok makan minyak kayu putih dan minyak gandapura kemudian aduk hingga rata. Gunakan ramuan tersebut untuk menggosok dan mengurut bagian tubuh yang sakit.

4. Mengatasi Lemah Syaraf
Daun pandan juga bisa anda manfaatkan untuk mengatasi lemah syaraf, caranya yaitu sediakan 3 lembar daun pandan wangi, lalu cuci bersih kemudian dipotong-potong. Rebus dengan 3 gelas air hingga tersisa 2 gelas saja. Setelah dingin, minum ramuan tersebut 2 kali sehari tiap pagi dan sore, masing-masing satu gelas setiap kali minum.

5. Merangsang Nafsu Makan
Kalau anda atau anak anda kurang nafsu makan, anda bisa menggunakan daun pandan wangi untuk merangsangnya, caranya yaitu ambil 2 lembar daun pandan, cuci bersih dan potong kecil-kecil. Rebus dengan 3 gelas air hingga tersisa setengahnya. Saring airnya dan minum ramuan tersebut 2 kali sehari.

6. Mengatasi Rasa Gelisah
Aroma daun pandan memberikan efek tenang bagi anda,nah jika anda sedang tempramen, atau gelisah, tidak ada salahnya untuk mengatasinya dengan menggunakan daun pandan, caranya sangat mudah yaitu ambil 2 lembar daun pandan wangi lalu cuci bersih dan iris tipis. Seduh dengan segelas air mendidih. Setelah dingin, saring airnya lalu diminum sekaligus. Lakukan 2 atau tiga kali sehari sampai merasa tenang.

7. Mengobati Lemah Syahwat
Nah, ini dia manfaat daun pandan yang tidak bisa dipandang sebelah mata, bagi anda yang mengalami lemah syahwat, ternyata bisa diatasi dengan menggunakan herbal daun pandan, caranya yaitu  ambil 3 lembar daun pandan wangi, cuci bersih dan potong kecil-kecil. Rebus dengan 4 gelas air hingga tersisa 2 gelas. Mibum ramuan tersebut dua kali sehari, tiap pagi dan sore masing-masing 1 gelas setiap kali minum. Lakukan secara teratur.

8. Membasmi Panu
Panu mungkin tidaklah berbahaya, namun memberikan rasa gatal yang mengganggu, caranya  haluskan satu genggam daun pandan segar lalu peras dan ambil airnya, kemudian campurkan garam pada air hasil perasan tersebut dan minum satu hari satu gelas selama tiga hari secara rutin
.
9. Mengatasi Ketombe
Ini dia manfaat daun panda untuk kecantikan yang pertama, yaitu mengatasi atau menghilangkan ketombe, caranya cukup mudah, yaitu sediakan 10 lembar daun pandan wangi dan haluskan dengan mengunakan blender, setelah halus tambahkan setengah cangkir air dan aduk rata.lalu bilaskan ke semua area rambut dan kulit kepalanya, biarkan selama 30 menit sampai kering, setelah kering bilas dengan air bersih. Di anjurkan lakukan setiap kali mau mandi sampai ketombe di rambut anda hilang.

10. Menghitamkan Rambut
Dalam islam, kita dilarang mewarnai rambut dengan warna hitam. Nah kita bisa mempertahankan warna hitam rambut dengan menggunakan daun pandan, caranya cukup mudah kok, yaitu ambil 10 lembar daun pandan dan rebus dengan air sebanyak 1 liter, tunggu beberapa menit sampai airnya berubah warna menjadi hijau. Akat dan diamkan semalaman penuh. Keesokan harinya ketika anda mau mandi, sebelum ramuan tersebut di keramaskan tambahkan terlebih dahulu dengan perasn buah mengkudu sebanyak 4 buah yang sudah mateng.  Untuk mendapatkan hasil yang maksimal gunakan ramuan tersebut seminggu 3 kali secara rutin.

Kegunaan Daun Pandan Untuk Tubuh di Apotik Hidup  Part 1

No comments: