Pages - Menu

Blogger news

Friday, February 2, 2018

Ciri-ciri Tanaman Beluntas

Obat Tradisional | Obat Alam | Obat Non Kimia | Obat Kebun Sendiri | Obat Apotik Hidup

Tanaman ini hidup dengan cara yang liar dan dapat mudah tumbuh meski tak sengaja dibudidayakan. Pemanfaatan daun beluntas ini banyak digunakan sebagai obat herbal yang cukup ampuh
Kandungan kimiawi yang bermanfaat bagi kesehatan kebanyakan terdapat pada daun beluntas. Daun beluntas dapat dimanfaatkan sebagai ramuan "spa" saat mandi dan juga bermanfaat sebagai aromaterapi. Daun beluntas mengandung alkaloid, tannin, natrium, minyak atsiri, kalsium, flafonoida, magnesium, dan fosfor. Sedangkan akarnya mengandung flafonoida dan tannin. Daun beluntas berbau khas aromatis dan rasanya getir dan menyegarkan, berkhasiat untuk meningkatkan nafsu makan, membantu melancarkan pencernaan, meluruhkan keringat, menghilangkan bau badan dan bau mulut, meredakan demam, nyeri tulang, sakit pinggang, dan keputihan; sedangkan akar beluntas berkhasiat sebagai peluruh keringat dan penyejuk.


Ciri-ciri Tanaman Beluntas. Nama latin tanaman beluntas adalah Pluchea indica, biasanya hidup di dataran rendah, lahan basah, rawa payau pesisir, mangrove dan daerah pasang surut. Beluntas juga kadang-kadang ditemukan di kawasan pedalaman hutan tetapi spesies ini tidak menyukai daerah hutan padat yang teduh. Beluntas berbentuk tegak, banyak cabang, daun lonjong dan dapat tumbuh 1 sampai 2 meter. Beluntas berasal dari Asia mulai dari India ke arah timur ke Cina, Filipina, Indonesia dan Australia bagian utara, tetapi telah di naturalisasi di banyak pulau di Samudra Pasifik.
Kadar minyak atsiri daun beluntas 5% dapat menghambat pertumbuhan bakteri Staphylococcus aureus, sedangkan pada kadar 20% dapat menghambat pertumbuhan bakteri Escherechia coli. Beluntas merupakan salah satu herbal yang memiliki hubungan dekat dengan aster. Beluntas mengandung senyawa kimia yang bermanfaat bagi tubuh seperti senyawa fenol termasuk flavonoid, tannin, asam fenol, fenil propanoid dan kalkhon. Selain itu bluntas juga mengandung sesquiterpenoid, monoterpena, lignan glicosida and triterpenoid.

No comments: