Pages - Menu

Blogger news

Sunday, December 31, 2017

Kandungan Daun Salam

Obat Tradisional | Obat Alam | Obat Non Kimia | Obat Kebun Sendiri | Obat Apotik Hidup

 Daun salam banyak digunakan dalam bentuk segar, kering , atau dibuat bubuk daun salam. Daun salam juga bisa di ambil minyaknya yang disebut dengan minyak daun salam, yang memiliki khasiat obat dan digunakan untuk mengobati beberapa penyakit. Daun salam memiliki rasa pahit, sehingga tidak bisa dimakan langsung, tetapi sering digunakan untuk memberikan rasa khas untuk berbagai masakan. Daun salam juga banyak digunakan di India, Nepal, dan sekitarnya. Minyak atsiri yang diekstrak dari daun salam juga digunakan sebagai wewangian, yang juga memiliki sifat menolak lalat, ngengat, tikus dll. Daun salam memiliki sifat obat, yang sangat dikenal dikenal sebagai zat anti-bakteri, anti-jamur, anti-inflamasi, diuretik, dll.

Kandungan daun salam:

Antioksidan. Kandungan antioksidan pada daun salam mampu untuk mengobati beberapa penyakit.
Rutin, salisilat, asam caffeic, dan fitonutrien. Empat kandungan tersebut diyakini mampu meningkatkan kesehatan jantung, mencegah stroke dan kanker.
Flavonoid. Berfungsi untuk membantu menormalkan darah penyakit hipertensi.
Asam laurat. Kandungan kimia asam laurat ini dimanfaatkan sebagai obat alami pengusir serangga.
Vitamin yang terkandung pada daun salam di antaranya vitamin A dan vitamin C.



Daun salam membantu menyembuhkan beberapa penyakit, ini menjadi berita bagus yang terutama bagi orang yang kurang duka dengan penggunaan obat-obatan kimiawi.

Cara memilih daun salam untuk diolah sebagai obat tradisional

Pilih yang daunnya lebar, warnanya hijau cerah dan terlihat segar.
Untuk daun kering, pilih yang tidak mudah patah dan tidak berlubang.


Rincian Gizi Daun Salam

Berbagai manfaat daun salam dapat dikaitkan dengan nilai gizi yang kaya. Daun ini sangat kaya akan vitamin serta tembaga, kalium, kalsium, magnesium, seng, besi, selenium dan mangan. Mereka juga mengandung fitokimia penting dan minyak atsiri.


  • Vitamin C – Daun salam merupakan sumber yang kaya manfaat vitamin C. 100 gram daun salam segar menyediakan sekitar 46,5 mg vitamin ini, yang setara dengan 77,5% kebutuhan harian yang direkomendasikan (RDA).
  • Vitamin A – Daun salam merupakan sumber manfaat vitamin A yang sangat baik dan menyediakan sekitar 6.185 IU (International Unit) atau 206% dari asupan harian vitamin ini.
  • Asam Folat – Daun salam mengandung asam folat, setiap 100 gram daun salam menyediakan sekitar 180 mg atau 45% dari asupan harian.
  • Mineral – Daun salam sangat kaya akan mineral seperti tembaga, kalium, kalsium, magnesium, mangan, seng, besi dan selenium. Kalium adalah sebuah komponen penting dari sel dan cairan tubuh, untuk mengontrol tekanan darah dan detak jantung. ,Mangan dan tembaga digunakan tubuh sebagai faktor co enzim.

No comments: