Pages - Menu

Blogger news

Friday, January 5, 2018

Mengulik Tanaman Ajeran

Obat Tradisional | Obat Alam | Obat Non Kimia | Obat Kebun Sendiri | Obat Apotik Hidup

 Nama lain dari ajeran cukup banyak, seperti ketul, hareuga, rakot, dll. Sedangkan nama latin darinya adalah Bidens pilosa atau Bidentitis pilosae. Dalam bahasa Inggris, ajeran disebut sebagai black jack. Orang Perancis menamainya dengan sornet. Ajeran merupakan tanaman terna yang daunnya berbau khas. Tumbuhan ini tidak membutuhkan banyak sinar matahari. Tinggi pohon mampu mencapai 1 ½ meter, dengan 3 lembar daun dalam 1 kelompok. Bunganya memiliki petal berwarna putih dan putik kuning. Kandungan daun ajeran Zat kimia yang terdapat dalam jintan, salah satunya adalah fitosterin-B. Zat ini bersifat anti piretik, anti inflamasi, antiseptic, dan hemostatis. Rasanya agak aphit dan dingin. Antioksidan yang terdapat dalam jintan berasal dari asam klorogenat, asam caffeoylquinic, dan quercetin terutama pada akarnya. Senyawa penting di dalam tanaman ini seperti centaurein, heptanyl, jacein, dan feenol. Ajeran juga mengandung zat lainnya seperti saponin, minyak atsiri, zat pahit, alkalloid poliina, dan zat samak.

Ajeran ( Bidens pisola L. ), famili : Asteraceae, termasuk tumbuhan liar dan dapat Anda jumpai dipinggir jalan, kadang-kadang juga ada yang ditanam di halaman rumah. Tumbuhan ini tergolong terna, tingginya dapat mencapai 150 cm, batangnya membentuk segi empat, berwarna hijau. Daun bertiga-tiga, masing-masing berbentuk bulat oval atau telur, pinggirnya bergerigi. Bunga mempunyai tangkai yang panjang. Mahkota bunga berwarna putih dengan putik berwarna kuning keemasan. Bagian yang biasanya dimanfaatkan adalah seluruh bagian tumbuhan yang berada diatas tanah.

Sifat yang khas dari tanaman ini adalah bersifat mendinginkan, rasa pahit, dan melancarkan peredaran darah, adapun khasiatnya adalah sebagai antiinflamasi ( anti radang ), antiseptik dan antipiretik ( menurunkan demam ).

Senyawa kimia : Alkaloid poliina, saponin, zat pahit, minyak atsiri, dan zat samak.

Sifat tanaman ajeran

Tanamanan ajeran mempunyai sifat mendinginkan dan mempunyai rasa yang pahit.   Tanaman ini sangat baik untuk membantu melancarkan aliran darah.

No comments: